Cara Mengajukan Kartu Kredit Agar Diterima, Mudah dan Cepat!

Salah satu metode pembayaran yang banyak digunakan adalah kartu kredit. Dengan menggunakan kartu kredit, Anda bisa memenuhi kebutuhan Anda ataupun membayar keperluan darurat dengan mudah, dan mencicil untuk membayarnya di bulan selanjutnya.

Jika digunakan dengan bijak, kartu kredit bisa menjadi penyelamat agar Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan Anda bahkan di akhir bulan. Agar dapat memiliki kartu kredit, berikut ini cara membuat kartu kredit dan juga cara menaikkan limit kartu kredit Anda.

Cara Membuat Kartu Kredit

Sebelum mengunjungi bank terdekat, simak cara membuat kartu kredit serta cara agar pengajuan kartu kredit Anda dapat diterima oleh pihak bank.

  • Pilih Bank Tujuan

Ada banyak bank yang memiliki produk kartu kredit. Anda dapat memilih terlebih dahulu bank yang sesuai dengan tujuan Anda memiliki kartu kredit. Anda dapat melihat promo serta fasilitas yang akan Anda dapatkan saat memilih suatu bank, karena setiap bank memiliki aturan serta fasilitas yang berbeda-beda.

Anda bisa memulai dengan memilih keuntungan seperti besaran cicilan dan juga rewards saat Anda melakukan transaksi menggunakan kartu kredit.

  • Pastikan Riwayat Keuangan Anda

Saat Anda mengajukan pembuatan kartu kredit, bank akan memeriksa riwayat keuangan Anda terlebih dahulu. Jika Anda dahulu pernah mengajukan pinjaman dalam bentuk lain di bank, riwayat peminjaman tersebut akan dinilai dan diperiksa terlebih dahulu oleh bank, untuk mengetahui apakah Anda nasabah yang berkomitmen untuk membayar tagihan secara tepat waktu atau tidak.

  • Siapkan Berkas

Sebelum berangkat ke bank, Anda perlu menyiapkan beberapa berkas penting, seperti fotokopi KTP, fotokopi NPWP, fotokopi slip gaji, fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir, serta pastikan usia Anda minimal 21 tahun dengan penghasilan minimal 3 juta per bulan.

  • Datang ke Bank

Setelah semuanya sudah aman, Anda bisa datang ke bank yang Anda inginkan. Sesampainya di bank, Anda akan diminta untuk mengisi persyaratan di sebuah lembar formulir. Isilah formulir tersebut dengan benar dan jujur.

  • Proses Verifikasi

Setelah menyerahkan semua formulir dan berkas, Anda tidak langsung mendapatkan kartu kredit. Namun, pihak bank akan melakukan verifikasi dan pemeriksaan terhadap Anda terlebih dahulu.

  • Aktivasi Kartu

Setelah proses verifikasi selesai dan bank menyetujui pengajuan kartu kredit Anda, pihak bank akan mengirim kartu kredit ke alamat yang tertera di formulir Anda. Lakukan aktivasi kartu kredit Anda, bisa dengan cara datang ke bank tempat pengajuan atau secara online. Nantinya, Anda akan diminta untuk membuat PIN kartu kredit Anda.

Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit

Setelah memiliki kartu kredit, Anda bisa melakukan berbagai transaksi yang Anda inginkan. Namun ingat, hindari melakukan transaksi dengan jumlah yang melebihi limit kartu kredit Anda. 

Jika Anda ingin menaikkan limit kartu kredit, sebaiknya sering gunakan kartu kredit Anda. Namun penggunaan kartu kredit juga harus dibarengi dengan riwayat pembayaran yang lancar serta pembayaran secara penuh.

Jika Anda merasa limit kartu kredit Anda kurang, berikut ini cara menaikkan limit kartu kredit Anda:

Syarat utama untuk menaikkan limit kartu kredit adalah melengkapi berkas, berikut ini beberapa berkasnya:

  • KTP
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Rekening koran
  • Slip gaji terakhir
  • SIUP untuk non-karyawan
  • Surat pernyataan untuk pengajuan kenaikan limit kartu kredit

Jika berkas sudah lengkap, Anda bisa menghubungi customer service bank Anda dan ajukan permintaan tambahan limit kartu kredit. Biasanya, pihak bank akan meminta penjelasan Anda mengapa Anda ingin menaikkan limit kartu kredit. Jelaskan dengan jujur sehingga bank dapat mencatat permintaan Anda dengan jelas.

Atau, Anda juga bisa menggunakan aplikasi mobile banking bank terkait untuk meminta kenaikan limit kartu kredit. Nantinya Anda juga akan diminta untuk melengkapi berkas dan akan diperiksa oleh pihak bank.

 Itu dia cara membuat kartu kredit beserta cara menaikkan limit kartu kredit. Setelah limit kartu kredit Anda bertambah, Anda harus ingat untuk terus melunasi tagihan tepat waktu dan juga menghindari transaksi melebihi limit.

Anda dapat menggunakan kartu kredit Danamon untuk memenuhi berbagai keperluan dan juga kebutuhan hidup Anda. Kartu Kredit Danamon memiliki banyak keuntungan dan juga kemudahan transaksi untuk Anda, sertap promo menarik sepanjang tahun.